oleh

Isi Tausiyah di Masjid Raya Taqwa Palembang, Oki Setiana Dewi : Belajar Bersyukur Dari Nabi Ayyub

Kanal:Serba Serbi|8 dilihat

REPORTASE – Dalam kehidupan kita sebagai manusia tidak luput dari segala macam bentuk ujian hidup dan kita harus pandai bersyukur akan setiap yang telah diberikan Allah SWT.

Dalam kesempatan kali ini, kota Palembang kedatangan pendakwah, penulis dan artis muslimah Oki Setiana Dewi di Masjid Raya Taqwa (Kambang Iwak), 30 Ilir, Kecamatan. Ilir Barat II, Kota Palembang, Minggu (25/8).

Didalam tausiyahnya yang dimulai 12.30 WIB ini, Dia menyampaikan ada 4 level dimana manusia menanggapi setiap masalah yang dihadapi.

“Ketika Allah berikan ujian kepadanya ada 4 tingkatan yang dirasakan oleh manusia, yakni marah saat menghadapi ujia, sabar, ridho (menerima) dan level tertinggi adalah bersyukur akan adanya masalah atau musibah yang ia hadapi dalam hidup ini,” ujarnya,

Baca :   Mau Lihat Finalis Fotografi Hari Kemerdekaan? Silahkan Datang Kesini

Ibu tiga orang anak ini juga mengajak agar kaum muslimin belajar dengan para nabi yang ketika diberi ujian oleh Allah mereka sabar menghadapinya.

“Level bersyukur itu dirasakan oleh Nabi Ayyub Alaihissalam, kita belajar darinya ketika beliau diuji Allah, semua anaknya meninggal, seluruh hartanya lenyap begitu saja,” katanya.

“Dan Nabi Ayyub juga terkena penyakit kulit yang mengerikan, gara-gara sakit dan jatuh miskin sehingga kerabat dan sahabatnya meninggalkannya apa kata beliau saat diuji? Coba lihat surat Al Anbiya ayat 83, dia berkata ya Allah saya sakit, Engkaulah maha Penyayang dari semua penyayang,” jelasnya.

Baca :   Kebakaran di Jalan Gub H Bastari, Palembang

Janganlah mengeluh, kakak dari Ria Ricis ini melanjutkan bahwa Allah akan menguji hambahNya sampai batas mana diri kira bertahan.

“Dan di Surat Al Anbiya 84 masih mengenai nabi Ayyub yang berbunyi, Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya,” ujarnya.

“Dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah,” katanya mengutip surat Al Anbiya ayat 84.

Baca :   332 Sebaran Titik Panas Terpantau di Provinsi Sumatera Selatan Hari Ini

Ujian juga dijelaskan di surat Al Baqarah ayat 155 dan Surat Al Anbiya ayat 35 yang berbunyi ; semua yang bernyawa mati, dan Allah akan menguji kita dengan keburukan dan kebaikan.

“Jangan pernah berpikir sedih itu ujian tapi kebahagiaan juga merupakan ujian,” katanya.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Hashtags :
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed