oleh

Satu Warga Sumsel Dinyatakan Positif Difteri

Kanal:Peristiwa|0 dilihat
ilustrasi / net

REPORTASE –  Penyakit difteri kini mulai menyebar ke masyarakat di Sumsel. Bahkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel mendapati satu warga yang positif mengidap penyakit difteri ini.

Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nuraini melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Ferry Yanuar mengaku memang salah satu warga Kota Palembang positif mengidap difteri. Hal ini berdasarkan hasil uji laboratorium, namun untuk hasil uji kultur sampai saat ini belum keluar hasilnya.

Baca :   Mahasiswa di Palembang Ricuh di Pukul Mundur Polisi

“Kami masih akan melihat lagi hasil uji kultur terlebih dahulu,” katanya, Selasa, 19 Desember 207.

Dijelaskannya, berdasarkan data per Juli sampai November ada lima warga Sumsel yang masuk ke Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH), lantaran diduga mengidap difteri. Namun, tiga warga dinyatakan hasil negatif, kemudian satu warga positif dan satu lagi masih menunggu hasil laboratorium dan kultur karena pasien ini baru Minggu, 17 Desember 2017 masuk ke RSMH.

Baca :   Kondisi Koma Demonstran Tolak RUU KPK dan KUHP, Keluarga Dikirim Surat Penetapan Tersangka

“Mudah-Mudahan besok hasil laboratorium dan kultur untuk pasien yang baru masuk,” harapnya.

Sejauh ini upaya Dinkes Sumsel yakni meminta Dinkes Kabupaten/Kota untuk melihat cakupan imunisasi dan terus melakukan peningkatan cakupan imunisasi jika masih rendah. Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang difteri ke masyarakat.

Ferry juga menghimbau agar masyarakat menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Karena dengan perilaku yang sehat maka dapat mencegah adanya difteri ini.

Baca :   Berita Foto : Kericuhan Mahasiswa Aksi Unjuk Rasa Tolak RUU KPK

“Masyarakat jangan takut untuk melakukan imunisasi, ini sebagai upaya pencegahan saja,” ujarnya.

Sementara itu, Humas RSMH Palembang, mengakui ada lima warga Sumsel yang dirawat karena diduga difteri. Namun, beberapa warga tersebut sudah dinyatakan hasilnya negatif dan ada juga yg masih dalam proses pengujian laboratorium.

“Semua nya ini masih anak-anak,” singkatnya. ( Red )

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar

News Feed