oleh

Ribuan Umat Muslim di Sumsel Kecam Pernyataan Trump

Kanal:Peristiwa|0 dilihat
Aksi lelang syal untuk Palestina di Palembang. (Credit Photo : Red / Reportase.net )

REPORTASE – Ribuan umat muslim di Sumatera Selatan mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal Yerusalem sebagai ibukota Palestina. Dengan menggelar aksi demonstrasi di bundaran air Mancur Palembang, Jumat 15 Desember 2017. 

Massa yang bergabung dari seluruh organisasi muslim dan pemuda ini, meminta kepada pemerintah Indonesia bersikap tegas dengan memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat dan menolak dibukanya konsulat Amerika Serikat di Palembang.

” Seluruh masyarakat harus memboikot produk Amerika dan Israel. Umat islam di indonesia harus bersatu menolong saudara kita di Palestina,”kata ketua Ikatan Cendikiawan Indonesia wilayah Sumatera Selatan Irwansyah saat berorasi.

Baca :   Mahasiswa di Palembang Ricuh di Pukul Mundur Polisi

Menurutnya, di Palestina berdiri masjid al-Aqsa yang harus dipertahankan dan jangan sampai jatuh ketangan Yahudi.

” Palestina harus dipertahankan, jangan sampai orang Yahudi mengambilnya,” jelas Irwansyah.

Selain melakukan aksi demo, para massa juga menggalang dana untuk Palestina. Uniknya, ketua Front Umat Islam (FUI) Sumsel Umar Said melelang syal Palestina sebesar Rp 10 juta kepada para peserta demo.

Baca :   Kondisi Koma Demonstran Tolak RUU KPK dan KUHP, Keluarga Dikirim Surat Penetapan Tersangka

” Uang hasil lelang ini akan diserahkan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan dikirimkan ke Palestina,”kata Umar.

Baru lima menit lelang berlangsung ditengah ribuan massa, seorang nenek renta yang ikut dalam aksi mengacungkan tangan untuk membeli syal tersebut.

Dia adalah Mariama Akib yang telah berusia 74 tahun. Nenek ini sengaja datang ke tengah aksi demo untuk mendukung Palestina.

Meskipun harus merogoh kocek yang tak sedikit untuk membeli syal, Mariama sangat ingin membantu masyarakat Palestina.

” saya ingin berjuang untuk umat islam. Memang saya datang untuk membeli syal ini, karena uangnya untuk saudara kita di Palestina, kata Mariama.

Baca :   Berita Foto : Kericuhan Mahasiswa Aksi Unjuk Rasa Tolak RUU KPK

Mariama mengetahui lelang syal untuk Palestina setelah sebelumnya melihat tayangan di televisi saat aksi demo penolakan Trump di Jakarta.

” di Jakarta saya lihat di TV lelang Rp 100 juta, saya mau. Tapi tidak sempat disana, kebetulan ada di Palembang jadi langsung saya beli. Tidak tahu nanti digunakan untuk apa (syal). Yang penting saya berjuang,”ucap ketua Yayasan salah satu pondok pesantren di Palembang ini. ( Red )

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar

News Feed