oleh

Terkait Listrik Padam, Presiden Jokowi Sambangi Kantor PLN

Kanal:Nasional|23 dilihat

REPORTASE – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyambangi kantor PT PLN (Persero) tadi pagi setelah listrik padam secara bergilir yang melanda sebagian Pulau Jawa sejak siang kemarin.

Joko Widodo tiba di kantor PLN, Jakarta Selatan pada Senin pagi, pukul 08.48 WIB ditemani oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Selanjutnya, dia langsung memasuki ruang rapat untuk mendengarkan penjelasan dari pihak PLN terkait Listrik Padam.

Baca :   Alumni Unsri For Jokowi Syukuran Bersama

“Saya ingin mendengar langsung peristiwa pemadaman listrik total Minggu kemarin,”ujar Jokowi.

“Mestinya, menajemen besar seperti PLN menurut saya ada tata kelola resiko dengan manajemen besar tentu saja ada back up plannya,”katanya.

Diketahui, di sebagian Pulau Jawa terjadi mati listrik secara bergilir mulai dari siang kemarin. Pemadaman listrik tersebut disebabkan gangguan pada SUTET (Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi) 500 kV di Ungaran-Pemalang.

Sementara, Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani menjelaskan, gangguan listrik padam berkaitan dengan masalah teknis. Atas nama direksi, Sripeni memohon maaf atas kejadian pemadaman listrik kemarin serta menjelaskan bahwa Jawa-Bali memiliki sistem yakni Utara dan Selatan.

Baca :   Semangat 45, Warga Booster KM 12 Sudah Gelar Lomba Memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74

“Ada 4 sirkuit yang menjadi backbone adalah 500 kV,  itu kalau diutara adalah Ungaran dan kemudian Selatan di Kediri. Dua-duanya adalah 500 kV, dua sirkuit ini yang terjadi di hari Minggu adalah di utara titik jaringan Ungaran-Pemalangada gangguan,”jelasnya.

Menanggapi penjelasan teknis tersebut, Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh jajaran PLN untuk mengkalkulasi atas kejadian listrik padam tersebut.

Baca :   Sidang Bersama DPR RI dan DPD, Jokowi Minta Izin Pemindahan Ibu Kota Negara

“Pertanyaan saya panjang sekali. Bapak Ibu ini semua orang pintar. Apakah tidak dikalkulasi ada kejadian kita tahu sebelumnya? Artinya jaringan yang ada tidak dihitung dan betul-betul merugikan kita semuanya,”ujar Joko Widodo.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo meminta perbaikan secepatnya, lantaran masih ada beberapa wilayah yang belum menyala listriknya.

“Segera tak tersisa kembali dan apa yang menyebabkan peristiwa besar itu jangan sampai terjadi lagi. Itu pesan saya,”tegas Joko Widodo.

 

 

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Hashtags :
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed