oleh

Walhi Minta Pemerintah Percaya Masyarakat Untuk Mengelola Lahan Gambut

Kanal:Headline, Lingkungan|54 dilihat

REPORTASE – Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyebut lahan gambut yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Selatan harus tetap terjaga, terpelihara dan tetap produktif, khususnya di wilayah Kabupaten Banyuasin.

Diketahui, Kabupaten Banyuasin merupakan project Badan Restorasi Gambut (BRG) pertama di Indonesia untuk pembinaan di desa-desa yang masyarakatnya peduli terhadap lahan gambut.

“Lahan gambut tetap terpelihara tapi jadi lahan yang produktif namun tidak kita ganggu alamnya, Banyuasin contohnya,”ujar Herman Deru usai saat memberikan keterangan pers usai menghadiri perayaan Hari Lingkungan se-Dunia tingkat Provinsi di Alun-alun Kota Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin, Selasa (23/7) lalu.

Baca :   Tahun 2019, Herman Deru Sebut Kabupaten Banyuasin Tak Sumbang Karhutla Untuk Provinsi Sumatera Selatan

Sementara Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Selatan Hairul Sobri mengatakan, bahwa lahan gambut bisa dikelola dengan benar untuk kesejahteraan masyarakan, tetapi  jangan sampai produktif disalah gunakan.

“Lahan gambut bisa dikelola dengan produktif, itu bisa menambah kesejahteraan untuk rakyat. Namun produktif dalam artian tidak memberikan izin wilayah gambut ke wilayah-wilayah korporasi dan izin-izin baru ke perusahaan,”kata Hairul Sobri saat dihubungi tim REPORTASE.net, Jumat (22/6).

Baca :   Muba Bakal Gelar Konser Amal Untuk Palestina

Selanjutnya, Hairul Sobri meyakini bahwa masyarakat telah mampu untuk  mengelola wilayah gambut dengan baik dan benar.

“Memang kita dorong masyarakat untuk mengelola lahan gambut. Karena kita yakin bahwa lahan gambut tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masalahnya kebakaran hutan dan lahan ini paling banyak di konsesi perusahaan. Hal ini sudah muncul, jangan sampai masyarakat kehilangan mata pencarian akibat pemerintah memberikan izin baru kepada perusahaan. Belum lagi kerusakan lingkungan yang harus ditanggung oleh masyarakat,”ujarnya.

Baca :   Kongres V PDIP, Jokowi Sebut Jumlah Menteri Periode Kedua tetap sama

Direktur Eksekutif Walhi Sumatera Selatan tersebut menghimbau kepada pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi untuk tidak memberikan izin-izin baru kepada perusahaan perkebunan di wilayah restorasi gambut.

“Intinya menurut kami, produktif dalam hal wilayah gambut itu harus diberikan kepercayaan kepada masyarakat dengan dampingan dari pemerintah terhadap pengolahan dan pemulihan restorasi yang baik agar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi memang dimanfaatkan lahan gambut tersebut oleh masyarakat langsung,”ujar Hairul Sobri.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Hashtags :
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed