oleh

PLTU Batang Toru Tetap On Progres

Kanal:Headline, Lingkungan|249 dilihat

Aksi protes pembangunan PLTU Batang Toru di didepan halaman Bank Of China Jakarta

 

REPORTASE – Sebelum terjadinya aksi dari WALHI di halaman Bank Of China, Jum’at (1/3) di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, proses pembangunan PLTA Batang Toru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, berlanjut setelah selesai melakukan kesepakatan pembayaran atas pembebasan lahan demi lancarnya pembangunan.

Luas lahan yang telah diselesaikan mulai dari 2013-2017 sebesar 677 hektare (ha) dan 12 hektare (ha) untuk titik tapak menara transmisi sebanyak 85 titik. Yang mana proyek PLTA Batang Toru merupakan proyek memasok listrik di daerah sumatera.

Baca :   Terkait Pelantikan Jokowi-Ma'aruf sore hari, KPU Sebut Tetap Sah

“Kami sedang membuka lahan untuk membuat jalan akses terbatas menuju lokasi utama dari proyek PLTA Batang Toru. Hingga kini, kami telah berhasil membuka lahan hingga 40 persen dari panjang jalan yang kami rencanakan,” Ujar Manajer Humas PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) Agus Supriono seperti dikutip dari Antara, Sabtu (6/10/2018).

Baca :   Kontra PSPS Pekanbaru, Kas Hartadi Targetkan Poin Penuh di Kandang

Pembangunan PLTA Batang Toru telah mengalami progres 6,7 persen dari 100 persen progres pra-kobstruksi sehingga tidak mungkin berhenti sebelum selesai pengerjaan.

“Seluruh proses hukum yang berkaitan dengan pembelian dan pembayaran lahan tahap pertama telah selesai dilakukan seluruhnya. Perusahaan telah membayar minimum 4 kali lebih besar dari harga yang tertera di NJOP,” Ungkap Kuasa Hukum PT NSHE Syamsir Alam Nasution dilansir dari CNN Indonesia, Sabtu (2/3).

Baca :   Kapolda Sumsel, Irjen Firli Jadi Ketua KPK

Nilai investasi pada pembangunan proyek PLTA Batang Toru ini mencapai Rp. 12 Triliun dan telah diselesaikan urusan pembayar lahan tersebut. Proyek PLTA Batang Toru ini jika dihitung menggunakan asumsi kurs AS (Amerika Serikat) saat ini sebesar Rp. 14.177 per dolar AS (Amerika Serikat) , maka negara Indonesia seharusnya dapat menghemat biaya sebesar Rp.5,56 Triliun per tahun jika pembangunan proyek PLTA Batang Toru ini diselesaikan.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Hashtags :
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed