oleh

Pertemukan Bekraf dan Harnojoyo, IKA Unsri Dorong Startup Palembang

Kanal:Ekonomi & Bisnis, Headline|85 dilihat

Walikota Harnojoyo, Direktur Bekraf Syaifullah, Perwakilan IKA Unsri, Taka Liwungang 

 

REPORTASE – Industri kreatif di Indonesia jadi salah satu yang diperhitungkan saat ini. Peran sentral anak muda, dengan membangun startup alias perusahaan rintisan menjadi salah satu yang sedang tren saat ini. Tidak sampai disitu, belakangan stratup dan kreasi anak muda, mulai dari kuliner, kriya, film hingga musik nyatanya bisa mendukung majunya ekonomi secara keseluruhan.

Melihat peluang ini, Ikatan Alumni Universitas Sriwijaya (IKA UNSRI) merasa bertanggung jawab sebagai salah satu agen perubahan. Menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, untuk beraudiensi dengan walikota Palembang sekaligus peresmian co working space pertama di Palembang, yang terletak di Komplek Graha Pendidikan, Jl MP Mangkunegara Selasa (26/2) siang.

Baca :   Kominfo Tegaskan Akan Memblokir Aplikasi Ojol Jika Abaikan Regulasi

Direktur Akses Non Perbankan, Deputi aakses Permodalan Bekraf, Syaifullah menjelaskan jika Palembang memiliki potensi yang besar apabila dibandingkan daerah lain di Sumatera, seperti Medan, Jambi, maupun Pekanbaru. Hanya saja, kota tersebut lebib dominan mengencourage anak mudanya untuk lebih kreatif memasuki era kekinian.

“Secara history, Palembang jauh lebih unggul. Misal songket, atau kriya lain seperti patung dan sebagainya. Namun, agak ironi. Dengan banyaknya jumlah anak muda yang ada di kampus – kampus justru seharusnya bisa memunculkan proyek startup yang bisa menunjang perekonomian daerah, “kata Syaifullah.

Baca :   Lewat Gol Tunggal Yericho, Sriwijaya FC Berhasil Amankan Tiga Poin Perdana di Liga 2

Justru Palembang baru pertama kali memiliki co working space, dimana jika di kota besar seperti Bandung, Jakarta dan Surabaya, lokasi ini sering dijadikan tempat kumpul dan sharing ide antar anak muda. Oleh sebab itulah, lewat kesempatan kali ini, Bekraf langsung berkomunikasi dengab Walikota Palembanh, Harnojoyo untuk mengembangkan industri kreatif di Kota Palembang, lewat dinas terkait.

Melihat kesempatan yang jarang sekali terjadi ini, Taka Liwungang yang mewakili Ketua IKA Unsri, Agung Firman Sampurna berharap muncul bibit baru startup di kota Palembang dan Sumsel secara umum. Mengingat Bekraf telah hadir untuk mengakomodasi kebutuhan dalam perkembangan dunia kreatif di Palembang.

Baca :   LBH Banda Aceh : Kesalahan Manajemen Rutan

“Kami juga berterimakasih dengan dukungan positif Walikota Harnojoyo yang satu visi untuk memajukan serta memberi kesempatan anak muda di Palembang, agar lebih bisa mengembangkan kreatifitas,”ujarnya.

Apalagi kota Palembang juga beberapa waktu lalu telah melaunching program bantuan permodalan untuk usaha kecil dan menengah. Hanya saja, agar lebih bisa bersaing, ide dan kreatifitas anak muda Palembang menurut Taka harus dikembangkan dengan mengikuti berbagai seminar dan pelatihan?

“Bagaimana kita menjual konten lokal untuk bisa bersaing secara nasional, sekarang mungkin beberapa sudah ada, tapi kedepan IKA Unsri berharap alumninya, dan anak muda Palembang umumnya bisa maju dan bersaing,” tandasnya. (ril)

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Hashtags :
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed