oleh

Meo Unsri Gelar Dialog Nasional

Kanal:Headline, Nasional, Olahraga|249 dilihat

Pemateri dan panitia beserta tamu undangan dalam dialog Manajemen Even Olahraga di Graha Sriwijaya

 

REPORTASE – Mahasiswa Magister Manajemen FE Unsri, Program Kerjasama Kemenpora – Unsri, angkatan pertama tahun 2018 menyelenggarakan dialog nasional “Mengelola Prestasi Lewat Even Olahraga”, Kamis (21/2/2019)

Acara yang digelar di Gedung Graha Sriwijaya, Kampus Unsri Bukit Besar, Palembang ini menghadirkan narasumber Sekretaris Menpora, Gatot S Dewabroto, H Alex Noerdin, dan M Hinayah yang menjadi salah satu atlet peraih medali emas dalam Asian Games 2018 lalu.

Ketua Panitia Penyelenggara, Zulfikri mengatakan kegiatan ini menjadi bagian dari terapan kelilmuan yang dilakukan oleh pihaknya, sesuai dengan konsentrasi jurusan yang ditentukan dalam program kerjasama Kemenpora-Unsri, yakni Manajemen Even Olahraga (MEO).

“Sebelumnya kami juga mengundang Erick Thohir, untuk mengisi materi dalam kegiatan ini, namun kebetulan berhalangan hadir. Namun, tetap tidak mengurangi esensi dalam tema, mengingat kompetensi yang dimiliki oleh narasumber lain yang hadir,”ujarnya.

Baca :   Tangis Pecah, Prada DP Dituntut Hukuman Seumur Hidup

Zulfikri menjelaskan, kelas magister manajemen dengan konsentrasi Manajemen Even Olahraga ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Oleh sebab itu, kegiatan yang berlangsung kemarin juga menjadi wujud eksistensi pihaknya.

“Kedepan kami berharap akan mendapat dukungan dan bisa berkoordinasi dengan berbagai pihak. Mengingat, kami memang dikhususkan untuk mengelola even secara akademis dan praktis, maka kami juga berencana menggelar beberapa even lagi untuk memantapkan kemampuan,”jelasnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi lebih dari 600 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan. Khususnya mahasiswa di jurusan yang terkait olahraga, pariwisata, akademisi, dan praktisi di bidang even organizer.

Hal ini diamini oleh Ketua Program Studi Magister Manajemen FE Unsri, Hj Marlina Widianti yang mengaku mengapresiasi kerja anak didiknya dalam even kali ini. Tidak hanya memberikan pendidikan dan pengajaran mengenai bagaimana memanajemen sebuah kegiatan, tetapi juga berbagai aspek dalam penyelenggaraan even.

Baca :   Aksi di Fakfak Picu Pembakaran di Sekitar Pasar

“Oleh karena itu, kami bekali keilmuan dari sisi ekonomi dikombinasikan pengajar dari Kemenpora dan praktisi Even Organizer yang terbaik. Termasuk, salah satunya langsung meminta anak didik kami untuk melakukan praktek seperti ini,”ungkapnya.

Sementara itu, H Alex Noerdin, salah satu narasumber mengungkapkan harapannya bagi kemajuan olahraga di Sumsel. Termasuk dalam hal pendidikan seperti ditunjukanya Unsri untuk mengelola konsentrasi kekhususan seperti kelas kerjasama Kemenpora-Unsri. Oleh sebab itu, kedepan, mantan Gubernur Sumsel 2008-2018 ini akan berusaha dengan maksimal memberikan dukungan bagi kemajuan bidang tersebut.

“Mengelola even memiliki berbagai tantangan, namun tak sedikit pula mendapat pembelajaran. Saya berharap para mahasiswa ini bisa terus mengembangkan kemampuan untuk kemajuan kedepan,”ujarnya.

Sekretaris Menpora, Gatot S Dewabroto menjelaskan, dibentuknya kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan Magister Manajemen Universitas Sriwijaya, tak lain adalah karena keberhasilan dan kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu. Termasuk prestasi yang dicetak Indonesia pada penyelenggaraan di Jakarta – Palembang.

Baca :   Babak Pertama : Sriwijaya Unggul Satu Gol Atas Tuan Rumah PSGC Ciamis

“Namun tetap harus kita pikirkan apa yang akan dilakukan kedepan. Agar jangan sampai larut dalam euphoria, sehingga lewat kegiatan seperti ini kita berharap even olahraga di Indonesia bisa maju dan berkembang,”paparnya.

Acara ini, juga menghadirkan M HInayah yang menceritakan perjuangannya untuk menjadi salah satu atlet panjat tebing andalan Indonesia sampai bisa meraih medali emas pada Asian Games 2018 lalu. Hinayah berharap dukungan bagi para atlet bisa terus diberikan agar makin menambah motivasi untuk bisa berprestasi.

Sesi diskusi dan Tanya jawab dalam dialog ini, dipandu oleh Dr Iyakrus M kes, ketua Program Studi S2 Pendidikan Olahraga, FKIP Universitas Sriwijaya. Usai acara, dari paparan pemateri, Iyakrus menyimpulkan jika pelaksanaan, pengembangan even olahraga harus mendapat dukungan dari semua pihak. Sehingga nantinya tidak hanya sebagai penyelenggara, tetapi juga bisa berhasil dari sisi prestasi atlet. (rilis)

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Hashtags :
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed