oleh

Kepala BNPB : Kita Jaga Alam, Alam Akan Jaga Kita

Kanal:Headline, Lingkungan, Nasional|69 dilihat

REPORTASE – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo menjadi inspektur pada upacara gerakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Istana Gubernur Sumatera Selatan, Griya Agung, Palembang, Selasa (9/7) sore.

Dalam upacara tersebut diikuti oleh sekitar 2.000 anggota Satuan Tugas Gabungan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Sumatera Selatan yang meliputi anggota TNI/Polri, Manggala Agni, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan, petugas pemadam kebakaran kabupaten/kota, Tim reaksi cepat penanggulangan kebakaran perusahaan perkebunan swasta serta dari relawan masyarakat.

Baca :   Mau Lihat Finalis Fotografi Hari Kemerdekaan? Silahkan Datang Kesini

Pada upacara tersebut, Kepala BNPB Letjen Doni Monardo tampak didampingi oleh Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli, serta Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya. Mereka meriksa kondisi kesiapan peralatan pendukung untuk menanggulangi kebakaran seperti perahu, helikopter, dan pemadam api.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen Doni Munardo usai meriksa kesiapan peralatan untuk menanggulangi Karhutla di Istana Gubernur Sumatera Selatan, Selasa (9/7). (REPORTASE.net/Sigit).

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, gerakan pencegahan sangat perlu ditingkatkan mengingat ancaman karhutla pada musim kemarau tahun ini diprediksi akan sedikit lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca :   Herman Deru Membuka Baksos Donor Darah HA IPB Sumsel 2019

“Saya sangat berharap satgas bisa melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mengajak masyarakat ikut berpartisipasi melakukan pencegahan kerhutla di lingkungan yang rawan kebakaran,”ujarnya.

Dalam hal ini, ia menambahkan, bahwasanya banyak cara untuk melakukan pendakatan kepada masyarakat. Satgas diharapkan mampu mencari tahu masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam pencegahan karhutla tersebut dengan cara pendekatan budaya apa.

Baca :   Ketum FPTI Sumsel : Tak Ada Alasan Untuk Jalan di Tempat

Kepala BNPB tersebut mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat sama-sama saling menjaga alam dan mencegah adanya kebakaran hutan dan lahan.

“Mari sama-sama untuk melakukan gerakan pencegahan dan menjaga alam dari kebakaran hutan dan lahan. Kita jaga alam maka alam akan menjaga kita,”katanya.

 

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Hashtags :
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed