oleh

Gugur Setelah Ditembak KKB, Jenazah Bharatu Anumerta I Komang Tiba di Palembang

Kanal:Headline|35 dilihat

REPORTASEJenazah Bharatu Anumerta I Komang Wira Natha yang gugur saat kontak senjata dengan kelompok KKB di distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua akhirnya tiba di Palembang, Sumatera Selatan.

Pantauan KOMPAS.com, jenazah Bharatu Anumerta I Komang tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang sekitar pukul 18.38 WIB, Rabu (28/4/2021).

Keluarga Bahartu I Komang yang sejak sore menunggu kedatangan jenazah, menjerit histeris ketika serah terima jenazah dilakukan oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra.

Wanita yang menangis histeris tersebut diketahui adalah bibi dari almarhum, ia nampak terpukul mengetahui jika keponakannya itu harus gugur dalam bertugas. 

Melihat kondisi wanita itu nyaris pingsan sembari berteriak histeris, anggota Polwan dari Polda Sumatera Selatan langsung memberikan pertolongan dan membawanya ke ruang khusus untuk ditenangkan.

Baca :    Sumsel Jadi Provinsi Penyanggah Pangan Nasional

Setelah serah terima jenazah dilakukan, Bharatu Anumerta langsung dibawa ke Desa Tegal Besar, Kecamatan Belitang II, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan untuk disemayamkan.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra mengatakan, kontak senjata yang dilakukan oleh kelompok KKB telah membuat Bharatu Anumerta I Komang gugur. tak hanya itu, dua rekannya yang lain yakni Ipda Anton Tonapa dan Bripka M Saifudin juga harus menjalani perawatan akibat terkena tembakan dibagian dada.

Baca :   AJI Palembang bersama Ditintelkam Polda Sumsel Gelar Workshop Menulis Intensif

“Kami turut berguka atas kembalinya pahlawan kita Bharatu I Komang ke pangkuan ibu pertiwi, kami bangga, kepahlawanan kamu menjadi tauladan kami,”kata Eko usai pelepasan jenazah.

Eko meminta kepada keluarga untuk tabah dengan kondisi tersebut. Ia pun berharap agar operasi KKB dapat segera berakhir sehingga tak lagi banyak menimbulkan korban jiwa.

“NKRI adalah harga mati, almarhum menjadi teladan kita untuk bangsa dan negara serta kepolisian,”ujarnya.

Baca :   Herman Deru : Tetap Survive Dimasa Pandemi, Pengorbanan Dokter Sungguh Mulia

Sementara itu, Kamin Ops Pas Pelopor Korps Brimob Polri Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ardiansyah Daulay mengatakan, Bharatu Anumerta I Komang ditugaskan dalam operasi Nemangkawi Pantau AMP dimulai sejak 1 Januari dan akan berakhir pada 31 Juni 2021.

Namun, korban harus gugur setelah terjadi kontak senjata dengan kelompok KKB pada Selasa (27/4/2021).

“Untuk dua anggota yang terkena tembakan saat ini kondisi sudah mulai membaik dan masih dirawat. Kami mohon dia agar tugas dari Presiden ini bisa berhasil dan berjalan dengan baik di tanah Papua,”kata Ardiansyah.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net

News Feed