oleh

Bikin Nyaman Penumpang dan Pengemudi, Grab Luncurkan Keamanan Terbaru

Kanal:Ekonomi & Bisnis|218 dilihat

Safety Roadshow sekaligus  pengumuman sejumlah inovasi fitur keamanan baru ‘Safety Center/Pusat Keselamatan’ dan fitur pemantauan perjalanan di Palembang


REPORTASE– Untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan pengemudi, Grab meluncurkan keamanan terbaru. Hal ini membuktikan komitmen Grab pada kehadirannya dalam sarana transportasi publik.

Mochammad Fadjar Wibowo, Head of Platform Safety & Quality, Grab Indonesia menjelaskan, dalam Teknologi Keselamatan, pihaknya selalu berinvestasi dalam keunggulan operasional untuk meningkatkan standar keselamatan transportasi di Indonesia. Grab adalah satu-satunya pemain utama di Asia Tenggara yang telah berinvestasi dalam operasi keselamatan penting seperti respons insiden keselamatan 24/7, perlindungan asuransi kecelakaan diri untuk setiap perjalanan, serta pemeriksaan latar belakang mitra pengemudi yang ketat sebelum mengikat kemitraan.

“Ini adalah fondasi keselamatan yang kuat yang telah kami letakkan selama bertahun-tahun, dan berbagai fitur keselamatan terbaru hari ini merupakan bukti kuat komitmen kami untuk berbuat lebih banyak,” ungkap Fadjar dalam acara Safety Roadshow sekaligus  pengumuman sejumlah inovasi fitur keamanan baru ‘Safety Center/Pusat Keselamatan’ dan fitur pemantauan perjalanan di Palembang, Rabu (13/11).

Dia mengatakan, sejak diluncurkan Roadmap Teknologi Keselamatan di Oktober 2018, Grab melihat terjadi penurunan insiden yang dapat dicegah sebesar 39 persen di Indonesia. Peluncuran ‘Pusat Keselamatan’ dan fitur Pemantauan Perjalanan bagi Penumpang dan Mitra Pengemudi merupakan kelanjutan komitmen ini.

Meskipun tidak ada standar keselamatan taksi atau transportasi online yang seragam di seluruh kawasan, Grab membandingkan kinerja keselamatannya dengan standar minimum kualitas layanan yang ditetapkan regulator transportasi darat Singapura untuk industri taksi. Layanan ride-hailing Grab di seluruh Asia Tenggara lebih aman dari pada standar taksi Singapura yang sudah tinggi.

“Saat ini, layanan ride-hailing transportasi Grab 1.2x lebih aman dari pada standar industri taksi Singapura dalam hal kecelakaan terkait pengemudi, dan 1.9x lebih aman dalam hal pelanggaran terkait pengemudi,” terangnya.

Dia menjelaskan, fitur keselamatan terbaru Grab diantaranya dengan Safety Center/Pusat Keselamatan yang baru di dalam aplikasi, semua penumpang yang mengendarai Grab sekarang dapat mengakses beberapa fitur keselamatan dalam satu ketukan.

Sebelumnya, fitur keselamatan yang memungkinkan pengguna untuk membagikan detail perjalanan mereka dengan orang yang terdekat, meminta bantuan darurat, dan melaporkan masalah keselamatan terletak secara terpisah di dalam aplikasi. Sekarang, ketiga fitur ini berada di Pusat Keselamatan, membuatnya jauh lebih mudah diakses oleh para pengguna.

Kemudian, Share My Ride/Bagikan Informasi Perjalanan. Fitur ini menawarkan kepada penumpang opsi untuk memberi akses bagi keluarga atau orang tercinta melacak lokasi GPS mereka langsung dan status perjalanan. Fitur ini semakin ditingkatkan dengan memberikan perkiraan waktu kedatangan, serta rincian mitra pengemudi.

Selanjutnya, Report a Safety Issue/Laporkan Masalah Keselamatan. Penumpang dapat dengan mudah melaporkan masalah keselamatan, misalnya, mengemudi yang tidak aman, kapan saja dalam perjalanan mereka sehingga Grab dapat mengambil tindakan cepat terhadap potensi insiden keselamatan.

“Ada juga Get Emergency Assistance/Dapatkan Pertolongan Darurat. Jika terjadi keadaan darurat, penumpang dapat meminta bantuan dari tim respon insiden Grab 24/7. Peringatan SMS yang berisi detail perjalanan mereka dan lokasi saat ini akan secara otomatis dikirim ke Kontak Darurat yang didaftarkan. Fitur ini juga telah ditingkatkan untuk memungkinkan penumpang melacak status bantuan darurat,” kata dia.

Dia menambahkan, Fitur Pusat Keselamatan melengkapi fitur keamanan lainnya yang telah ada sebelumnya yaitu Free Call (VoIP), Verifikasi Wajah Pelanggan dan Pengemudi Melalui Swafoto Penumpang.

“Fitur terbaru lainnya adalah fitur Pemantauan Perjalanan bagi Penumpang dan Mitra Pengemudi. Melalui fitur ini Grab menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk mendeteksi pemberhentian yang tidak direncanakan,” jelasnya.

City Manager Grab Palembang Siswantoro mengatakan, pihaknya terus berinovasi untuk memungkinkan pelanggan mendapatkan akses ke layanan sehari-hari yang lebih berkualitas dan lebih aman.

“Kita ingin saling menghargai antar pengemudi dan penumpang. Kami ingin memberikan layanan terbaik,” ujarnya.

Pada acara yang sama, Grab bekerja sama dengan Forum Pengada Layanan (FPL) memberikan edukasi perlindungan penumpang dan mitra pengemudi pada transportasi online bagi mitra pengemudi terpilih di Palembang. Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye #AMANUNTUKSEMUA yang bertujuan untuk terus mendorong kesadaran aman berkendara baik bagi mitra pengemudi maupun pelanggan Grab.

“Kampanye #AMANUNTUKSEMUA yang bertujuan untuk terus mendorong kesadaran aman berkendara baik bagi mitra pengemudi maupun pelanggan Grab,” pungkasnya.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed