oleh

Wawako Terobos Banjir Demi warga Sakit

Kanal:Palembang|41 dilihat

REPORTASE – Air sungai Musi pasang yang menutupi permukaan jalan setapak Lorong Badai RT 32 Rw 07 Kelurahan Sungai Lais Kecamatan Kalidoni Palembang, tidak menyurutkan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengevakuasi warganya yanğ terbaring lemah.

Dua warga yang sudah lanjut usia (Lansia) yang tinggal dibantaran Sungai Musi ini, diketahui bernama Zainubah  dan  Minawati  mereka bertetanggan yang keseharian hanya mengandalkan kursi roda.

“Saya mengharapkan sekali kepada masyarakat atau ketua RT jika ada warga sekitar yang sakit serta mengalami kesulitan dalam menempuh pengobatan di rumah sakit untuk melaporkan hal tersebut ke Lurah atau camat setempat agar laporannya untuk ditindak lanjuti oleh tim medis rumah sakit Pemkot Pelembang,” kata Fitri, Jumat (29/1/2021).

Baca :   Bumame Farmasi Kini Hadir di Palembang, Layanan Tes Covid-19 Keluar Dalam 30 Menit

Sebatang kara, tinggal rumah diatas permukaan air sungai, kata Fitri sangat rentan dengan bahaya yang tidak diinginkan.“Kita ketahui kondisi  seorang ibu yang tinggal sendiri tanpa adanya keluarga dekat untuk yang merawatnya,” kata Fitri.

Sebaikanya perawatan sepenuhnya diserahkan dengan pemerintah.“Alhamdulilah dari Pemkot Palembang sendiri sudah ada kerja sama dengan panti jompo Provinsi Sumatera Selatan,”katanya.
Bahkan Fitri merilis lansia yang tidak memiliki keluarga sudah terdata dengan sangat baik berjumlah 70 lansia.“Sekarang sudah dirawat di  panti Sumsel dengan kondisi yang baik,” jelasnya.
 
Ditempat yang sama,  Asiyah (70) tetangga  Zainubah menceritakan kondisi tetangganya tersebut.“Setelah ditinggal suaminya meninggal tahun 2004 lalu kemudian selang dua tahun menyusul juga anaknya meninggal dunia,” ungkapnya.
 
Pasca ditinggal oleh kedua orang yang ia cintai, Zainubah terpaksa mencari pekerjaan untuk menyambung hidup dengan memanfaatkan keterampilanya mengobati orang dengan metode urut.
 
“Alhamdulilah banyak yang datang untuk berobat, kebanyak orang yang datang kepadanya untuk memiliki keturunan anak.tetapi setelah kondisi beberapa tahun ini ia mengalami sakit sehingga tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Kami selaku warga mengucapkan terima kasih sekali atas kedatangan ibu Wakil Walikota yang telah membawa tetangga kami untuk mendapatkan perawatan lebih baik lagi di Panti jompo,” ungkapnya.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net

News Feed