oleh

Pemkot Tingkatkan Peran Ketua RT/RW Termasuk Insentifnya

Kanal:Palembang|199 dilihat
Sekda Kota Palembang

REPORTASE – Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan, untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus melibatkan mereka dalam memberikan pelayanan yang diberikan.

Seperti hari ini, Selasa 27 Februari 2018, Pemkot Palembang menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang Nomor 3 tahun 2017 tentang pembentukan RT dan RW serta kependudukan kelurahan.

Dimana, pelaksana pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat tersebut, diajak untuk memahami tugasnya sebagai ketua RT dan RW. Hal itu dilakukan mulai dari Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarame Palembang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mastofa menyampaikan, pihaknya terus mengoptimalkan peran RT dan RW sebagai pejabat pemerintahan. Artinya, mereka diajak untuk membantu pemerintah menjalankan roda pemerintahan dalam berbagai bidang terutama pelayanan.

“Ketua RT dan RW adalah pejabat pemerintahan, artinya sama seperti kami, mereka juga memiliki tanggung jawab dalam menjalankan amanah rakyat,” jeasnya.

Melalui sosialisasi Perda RT dan RW yang dilaksanakan hari ini, seluruh ketua RT/RW dapat memahami tugasnya. Dengan begitu tidak ada lagi masyarakat yang mengeluh terkait pelayanan pemerintahan.

“Sebagai garda terdepan dan ujung tombak pembangunan pemerintahan, mereka harus dibekali. Sehingga kedepan cukup melalui RT, kita bisa mendapatkan informasi serta pelayanan, seperti mengurus KTP, KK sampai dengan urusan administrasi lainnya,” ulasnya.

Harobin menerangkan, seiring dengan beban kerja serta tugas ketua RT/RW kedepan, Pemkot Palembang juga akan meningkatkan insentif seperti yang pernah dijanjikan Walikota tahun 2017 yang lalu.

“Semua sudah kita susun, bagaimana program kerja sebelumnya dan program yang akan datang, termasuk kenaikan gaji ketua RT/RW dikisaran angka Rp600 ribu sampai Rp900 ribu. Sesuai APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kota Palembang,” jelasnya.

Sejauh ini, APBD Kota Palembang terus mengalami peningkatan. Hal itulah yang mendasari Pemkot Palembang untuk menaikkan insentif RT/RW. Karena itu sudah jadi komitmen Pemkot Palembang.

“Saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita sudah lebih dari Rp1,3 triliun meningkat terus setiap tahun. Artinya, dengan total Ketua RT/RW sebesar 5400 se-Kota Palembang, Pemkot bisa menaikkan insentif dari Rp300 ribu sampai Rp900 ribu. Sekarang masih disusun, aka kita realisasikan dalam waktu dekat berapa angka pastinya. Setidaknya diangka Rp600 ribu,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Sukajaya, Mas Cik menerangkan, kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya peningkatan peran kerja ketua RT/RW dalam memberikan pelalayanan.

Dimana, hari ini 108 ketua RT/RW dibekali materi yang diberikan langsung Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3PM) dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang.

“Semoga ini dapat bermanfaat terhadap peningkatan pelayanan serta pembangunan Kota Palembang, seperti yang diharapkan Walikota dan Sekda Palembang,” ulasnya singkat. (Red)

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar

News Feed