oleh

Pemkot Atasi Parkir BKB dengan Terapkan One Gate System

Kanal:Palembang|78 dilihat
Sekda Palembang

REPORTASE- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang dibuat geram karena hingga saat ini tidak terlihat tindakan nyata yang dilakukan terkait parkir di seputar pelataran Benteng Kuto Besak (BKB). Padahal, Plaza BKB menjadi salah satu destinasi pariwisata tujuan wisatawan, terkhusus menjelang Asian Games yang akan berlangsung Agustus 2018 mendatang.

“Sampai sekarang tidak ada tindakan nyata yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) di BKB terkait parkir. Mulai dari penataan hingga tarif parkir yang selangit,” ujarnya usai menggelar rapat di ruang Parameswara Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Jumat (2/3).

Dalam kesempatan ini, pihaknya ingin mengajak pihak terkait, untuk serius dalam menangani persoalan parkir di Plaza BKB. Dimana, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menerapkan one gate system terhadap lokasi wisata tersebut.

Baca :   Berita Foto : Kericuhan Mahasiswa Aksi Unjuk Rasa Tolak RUU KPK

“Dulu waktu Harnojoyo aktif sebagai Walikota sudah menangkap basah juru parkir yang mengambil tarif parkir melebihi ketentuan aturan daerah. Tapi sampai sekarang hal itu masih terjadi, karena tidak ada tindakan nyata yang diteruskan oleh OPD terkait. Makanya hari ini kita membahas rencana terkait one gate system,” sampainya.

Harobin menerangkan, untuk rencana penerapan one gate system parkir, perlu ada persiapan terlebih dahulu. Karena, saat ini Pemkot Palembang tidak mau menunggu lagi. Hal ini perlu dilakukan karena selama ini BKB terkesan semerawut khususnya untuk tata parkir.

Apalagi, tarif parkir di kawasan BKB tersebut sering disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca :   Mahasiswa di Palembang Ricuh di Pukul Mundur Polisi

“Parkir di BKB ini mahal, tapi tidak menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Palembang. Jadi kenapa kita harus diam saja. Karena selain mengganggu kenyamanan pengunjung, parkir di BKB ini tidak berdampak pada PAD,” ucapnya.

Untuk memperlancar kendaraan yang akan masuk ke areal BKB pasca penerapan one gate system ini. Pemkot Palembang tengah melakukan pengerjaan kawasan Jalan di belakang Monpera.

Jalan yang digunakan bagi kendaraan yang akan melintas ke Jembatan Ampera dari kawasan Jalan Merdeka ini akan dilebarkan 1,7 meter sehingga nantinya bus-bus pariwisata tamu yang datang dapat masuk dengan mudah ke BKB.

“Selain menerapkan one gate system, kami juga akan memberikan tindakan. Jika ada jukir yang masih nekat, maka kami minta pihak Kepolisian menangkap jukir tersebut. Karena itu sama dengan pungli dan pemerasan,” ulasnya.

Baca :   Harnojoyo Launching Lawang Borotan Yang Jadi Destinasi Wisata Baru Wong Palembang

Untuk penempatan titik one gate system ini. Menurut‎ Harobin, Pemkot Palembang bersama para investor dan pihak-pihak yang terlibat di kawasan tersebut tengah mengkaji hal tersebut. Tujunnya, agar nantinya penerapan ini daftar berjalan efektif serta membuat nyaman bagi para wisatawan yang datang.

Pihaknya pun saat ini, tengah melakukan pengaturan kawasan parkir bagi bus wisatawan, parkir mobil, dan motor.

‎”Untuk tarif masih terus dikaji, tapi investor minta progresif. Dengan seperti ini, saya yakin akan lebih banyak orang yang berkunjung ke BKB,” pungkasnya.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar

News Feed