oleh

Palembang Tuan Rumah Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional

Kanal:Palembang|16 dilihat
Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Palembang Sulaiman Amin

REPORTASE-Kota Palembang dipercaya oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk menggelar peringtan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2018. Peringatan HPSN akan dipusatkan di Car Free Day Kambang Iwak, 11 Maret 2018.
“Pemerintah Kota Palembang dan masyarakat Palembang bangga karena telah terpilih sebagai tuan rumah peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2018. Peringatan HPSN ini bukan kegiatan pemerintahan saja tapi juga tanggungjawab masyarakat semua,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Palembang Sulaiman Amin, (8/3).
Dirinya mengatakan, menjaga kebersihan telah menjadi perhatian Pemerintah Kota Palembang. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, Pemerintah Kota Palembang telag melaksanakan program gotong royong.
Menurutnya, menjaga kebersihan harus menjadi keseriusan bersama, sebab terpilihnya Palembang adalah wujud apresiasi pemerintah pusat atas keberhasilan Kota Palembang.
“Dari sebelumnya Kota Palembang merupakan kota bersampah hingga kini menjadi kota bersih peraih Adipura. Mari bersama-sama kita sukseskan perhelatan ini dan jadikan even ini untuk menggugah kepedulian bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.
Sementara itu Kasubdit Sarana Prasarana Kementerian Lingkungan Hidup RI Agus Sarimuddin yang hadir pada rapat tersebut mengatakan, selama even di car free day tersebut akan dilakukan penilaian terhadap jumlah sampah yang dihasilkan. Pada even tersebut akan disiapkan pasukan semut untuk memilah sampah serta memviralkannya proses tersebut.
“Akan disiapkan stan-stan khusus pada HPSN ini, tugasnya termasuk memviralkan even ini. Akan ada pula Operasi Tangkap Tangan terhadap pelaku pembuang sampah yg tertangkap, dan akan kita viralkan pelakunya,” ujarnya.
Menurutnya, dengan diviralkan akan muncul budaya malu, sehingga semakin lama diharapkan muncul kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan. Kebersihan merupakan prioritas yang harus dijaga warga Kota Palembang, apalagi sebentar lagi akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.
Peringatan HPSN 2018 akan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Direktur Bank Sampah. Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat, pemuda, dan organisasi peduli lingkungan.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Terpesona
  • Bahagia
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut

Komentar

News Feed