oleh

Palembang Makin Macet, 1 Juta Kendaraan Padati Sumsel

Kanal:Palembang|0 dilihat

Kemacetan di kota Palembang, Sumatera Selatan


REPORTASE- Kota Palembang mulai mengalami kemacetan sejak beberapa tahun terakhir. Banyaknya mega proyek ditanah Sriwijaya menambah tingkat kemcetan semakin parah. Tercatat sepanjang 2017, satu juta kendaraan telah memadati Provinsi Sumatera Selatan, angka tersebut melebihi kapasitas jalan yang ada di ibukota Provinsi itu.

Kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumatera Selatan, Salahuddin menjelaskan saat ini kendaraan yang aktif di Sumsel  sebanyak 1.066.403 kendaran.

Dengan rincian, kendaraan roda empat sebanyak 276.500, roda dua 789.903. Jumlah tersebut meningkat lima persen dibandingkan tahun 2016 .

“ Karena banyaknya kendaraan wajar, jika Palembang sudah mengalami kemacetan, meskipun angka peningkatan kendaraan hanya naik lima persen,” kata Salahuddin, Rabu 3 Januari 2018.

Untuk diketahui, satu juta lebih kendaraan yang tercatat tersebut merupakan angka yang aktif membayar pajak baik roda empat maupun roda dua. Diperkirakan, sejak 2006  hingga 2017 ada tiga juta kendaraan di Sumatera Selatan.

Peningkatan jumlah kendaraan tersebut dikarenakan proses kredit di dieler kendaraan yang semakin murah. Ditambah lagi operasi taksi online yang kian menjanjikan sebagai pendapatan usaha sampingan.

“ Sehingga masyarakat pun membeli kendaraan baru karena kredit murah dan terjangkau. Diprediksi berkisar 3 juta dari tahun 2006 sampai tahun 2017 kendaraan di Sumselo. Tapi, tidak seluruh kendaraan ini beroperasi, ada juga yang tidak beroperasi lagi di karenakan rusak dan lain sebagainya,” ujarnya.

Optimalkan penarikan pajak

Badan Pendapapatan Daerah (Bapenda) Sumatera Selatan pada tahun ini akan mengoptimalkan penarikan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mengingat target PKB 2018 meningkat menjadi Rp 875 miliar dari sebelumnya hany Rp 850 miliar.

“ Upaya melakukan door to door untuk menagih PKB juga kita lakukan. Saat ini memang target pajak 2017 tercapai dari segi PKB . Tapi kedepan kami akan mengoptimalkannya lagi,” jelasnya.  ( Red)

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar

News Feed