oleh

Pakaian Adat dan Bahasa Palembang Bakal Masuk di Kurikulum Pendidikan

Kanal:Palembang|0 dilihat
Walikota Palembang Harnojoyo mendapatkan gelar cek dari pemangku adat Palembang. 

REPORTASE – Pemerintah kota Palembang akan membuat peraturan Walikota untuk menerapkan bahasa asli Palembang masuk dalam kurikulum pendidikan.

Selain itu, pakaian adat khas Palembang juga akan menjadi fashion Resmi yang wajib digunakan pada hari Jumat oleh seluruh instansi pemerintahan.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, selama ini pakaian adat asli wong kito hanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan dan pesta adat.

Baca :   Berita Foto : Kericuhan Mahasiswa Aksi Unjuk Rasa Tolak RUU KPK

Kondisi itu membuat Harno untuk lebih mengenalkan khas Palembang kepada warga luar terlebih lagi pada tamu negara yang akan mengikuti pesta olahraga Asian Games 2018 mendatang.

Menjelang pesta olahraga se Asia itu, Harno merencanakan untuk menggodok peraturan walikota tentang penggunaan pakaian adat pada setiap hari Jumat.

” Saya sangat sepakat untuk diwajibkan pakaian ini pada hari Jumat dan bahasa Palembang masuk kurikulum pendidikan jadi bahasa khas ini jangan dihilangkan,” kata Harno saat mendapatkan gelar Cek dari rembug adat pemangku warga Palembang, Rabu 20 Desember 2017.

Baca :   Harnojoyo Launching Lawang Borotan Yang Jadi Destinasi Wisata Baru Wong Palembang

Sementara, Alimudin Halim ketua Rembug Adat kota Palembang sangat menyambut baik rencana Harnojoyo untuk membuat pakaian dan bahasa asli Palembang menjadi populer dengan menerapkan Perwali tersebut.

” kami sangat senang, karena budaya Palembang dijaga dengan sungguh-sungguh. Melalui rencana walikota untuk penerapan pakaian adat dan bahasa khas Palembang,” kata Alimudin.

Kepala Dinas Kebudayaan kota Palembang Sudirman Teguh, menerangkan di era perkembangan jaman saat ini banyak budaya lokal yang tergerus.

Baca :   Mahasiswa di Palembang Ricuh di Pukul Mundur Polisi

Sehingga gebrakan untuk mempertahankan budaya dan ciri khas suatu daerah sangat diperlukan.

” bahasa asli wong kito benar-benar harus menjadi identitas Wong Kito tentunya. Ini juga bisa memacu generasi muda untuk mewujudkan Palembang nian di era zaman yang sudah maju “jelasnya. ( red )

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar

News Feed