oleh

Harnojoyo Launching Lawang Borotan Yang Jadi Destinasi Wisata Baru Wong Palembang

Kanal:Palembang|18 dilihat

REPORTASE – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang meluncurkan destinasi wisata baru, Lawang Borotan. Peninggalan sejarah zaman Kesultanan Palembang Darussalam itu, jadi destinasi wisata ke-74 di kota ini.

Perlu diketahui, Lawang Borotan ini terletak disisi barat Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. Lawang Borotan memang tidak dapat disangkal akan sejarah masa Kesultanan Palembang, karena Gerbang inilah yang menjadi saksi bisu dilalui Sultan Palembang Mahmud Badarrudin II dan keluarga sebelum diasingkan ke Ternate.

“Hari ini (kemarin, red), kita meresmikan salah satu destinasi pariwisata Kota Palembang, Lawang Borotan. Bangunan ini dibuat pada 1780, sekitar 200 tahun silam,” kata Wali Kota Palembang, Harnojoyo usai launching Lawang Borotan, Jumat (27/9).

Baca :   Kabut Asap Menebal, Terekstrem Karhutla Tahun Ini.

Dikatakan, lawang atau pintu ini digunakan terakhir oleh Sultan Mahmud Badaruddin II beserta keluarga sebelum dibawa ke Batavia (sekarang Jakarta) oleh Belanda, lalu diasingkan ke Ternate, Maluku Utara. Sekaligus menandai berakhirnya era Kesultanan Palembang Darussalam.

“Seyogyanya Lawang Borotan ini patut kita hargai dan banggakan. Lantaran itulah tempat ini kita bersihkan, publikasikan, dan menjadi tempat wisata baru,” ucap orang nomor satu di Kota Palembang ini.

Baca :   Mahasiswa di Palembang Ricuh di Pukul Mundur Polisi

Harno mengaku kagum dengan barang-barang antik yang dipamerkan komunitas barang antik di acara Launching Lawang Borotan. “Tadi menurut keterangan komunitas barang antik, ada barang yang berasal dari abad kedua masehi, zaman Dinasti Han. Saya kira ini akan melengkapi destinasi wisata baru ini,” ujarnya.

Dia menilai tempat wisata ini bagus untuk dikembangkan. Nanti akan dilengkapi fasilitasnya. “Sambil kita koordinir para komunitas barang antik ini. Kami lihat luar biasa peninggalan-peninggalan Sultan, dan Kerajaan Sriwijaya,” ujarnya.

Baca :   Berita Foto : Kericuhan Mahasiswa Aksi Unjuk Rasa Tolak RUU KPK

Dalam kesempatan tersebut, Harno mengutarakan rencana Pemkot Palembang untuk merevitalisasi kawasan kota tua, yang meliputi Benteng Kuto Besak, Pasar 16 Ilir, hingga ke Kantor Wali Kota.

“Kelak kantor Wali Kota itu kita jadikan Museum. Kawasan ini nanti akan jadi salah satu destinasi wisata. Sudah masuk dalam rencana kita,” ujarnya seraya menambahkan Detailed Engineering Design (DED) untuk perencanaan ke depan sudah disiapkan.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Hashtags :
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed