oleh

Akhmad Najib Sebut TPA Penting Bagi Kebersihan Palembang

Kanal:Palembang|62 dilihat
Akhmad Najib meninjau TPA Sukawinatan

REPORTASE-Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib mengungkapkan, keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) merupakan salah satu elelemen penting dalam mewujudkan kebersihan Palembang, terlebih Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Hal ini diungkapkan Akhmad Najib saat berkunjung ke TPA Sukawinatan, Selasa (6/3). “Kita ingin memastikan TPA Sukawinatan tidak terjadi masalah dalam penampungan sampah, kaena seluruh sampah di kota Palembang muaranya ke sini, sebagai tuan rumah Asian Games semua harus beres,” ungkap Akhmad Najib.

Akhmad Najib mengatakan, dengan semakin menggunungnya sampah, berkurangnya lahan, Pemerintah Kota Palembang telah menemukan solusi, diantaranya dengan mengalihkan TPA ke Karya Jaya dan juga dengan menggunakan teknologi insinerator.

“Dua hal itu menjadi solusi, apalagi dengan insenerator sangat baik, sampah yang ada akan dibakar dan menghasilkan tenaga listrik, sehingga TPA Sukawinatan nanti bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain,” ujar Najib.

Baca :   Berita Foto : Kericuhan Mahasiswa Aksi Unjuk Rasa Tolak RUU KPK

Lebih lanjut Akhmad Najib mengatakan, dirinya sudah melakukan pengecekan langsung untuk memastikan peralatan dan sarana di TPA ini berjalan baik. “Ternyata memang benar ada kerusakan pada eskavator, namun besok alat ini sudah bisa difungsikan lagi,” ujarnya.

Sedangkan untuk mengatasi kerusakan dumtruk, Najib mengatakan sebaikna dilakukan perbaikan sendiri dulu. “Misalnya dengan melakukan pengelasan dumtruk yang rusak. Karena kalau mau menunggu anggaran akan bituh waktulama. Bisa jadi kerusakannya akan semakin parah. Kami minta agar masalah yang ada saat ini segera di selesaikan, agar tidak ada lagi antrian panjang kendaraam untuk membuang sampah ini,” ujarnya.

Plt UPT TPA Sukawinatan, Zaidan mengatakan, umur TPA Sukawinatan hanya tinggal lima tahun lagi, itu pun jika pengelolaan sampah dilakukan seefisien mungkin. Pasalnya lahan seluas 25 hektare yang ada di Sukawinatan ini saat ini hanya tersisa 4 hektare saja untuk tumpukan sampah.

Baca :   Harnojoyo Launching Lawang Borotan Yang Jadi Destinasi Wisata Baru Wong Palembang

“Tumpukan sampah ini maksimal tingginya 15 sampai 17 meter, sebelum tingginya mencapai angka tersebut masih bisa diratakan menggunakan eskavator,” ujarnya.

Zaidan mengatakan kemungkinan TPA ini nanti akan dialihfungsikan menjadi tempat lain, sesuai dengan program dari pemerintah. “Untuk mengatasi permasalahan ini kami sudah sejak lama

menyiapkan TPA lain yang ada di Karyajaya Kertapati. Memang TPA yang ada di sini sempat dimanfaatkan namun belum optimal,” ujarnya. Pengoptimalan TPA Karyajaya ini nantinya akan dilaksanakan saat sudah dibangunnya insenerator. “Rencananya insenerator akan di bangun di TPA Karyajaya ini, nanti kalau pembangun ini sudah selesai kemungkinan besar TPA Sukawinatan akan ditinggalkan dan kami akan pindah semua ke TPA Karyajaya,” kata dia.

Baca :   Mahasiswa di Palembang Ricuh di Pukul Mundur Polisi

Zaidan mengatakan, TPA Karyajaya luasnya sekitar 40 hektare, lebih luas dibandingkan TPA Sukawinatan. “Pemanfaatan TPA Karyajaya ini saat ini memang belum optimal, karena terkendala beberapa hal. Akhirnya semua alat yang sudah di bawa kesana kami bawa lagi ke Sukawinatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Palembang Faizal AR mengatakan, keberadaan TPA Sukawinatan Palembang sudah menarik perhatian investor dari Korea untuk mengubahnya menjadi tempat rekreasi seperti yang ada di negara mereka.

“Dengan adanya insenerator, maka keberadaan TPA Sukawinatan akan kita manfaatkan untuk hal yang lain, tidak perlu menunggu waktu lama, sekarang sudah ada investor dari korea menemui kami dan siap berinvestasi menjadikan TPA Sukawinatan menjadi tempat rekreasi baru,” kata Faizal.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Komentar

News Feed