oleh

Bupati Banyuasin Himbau Lahan Gambut Tetap Terpelihara dan Terjaga

REPORTASE – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan titik Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan mulai menurun. Hal tersebut ia sampaikan saat usai menghadiri acara Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2019 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Taman Alun-alun Kota Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupten Banyuasin, Selasa (23/7) siang.

“Alhamdulillah penurunan hotspot luar biasa. Secara nasional 2018 turun 2100 dan pada tahun 2019 ini Provinsi Sumatera Selatan tetap terjaga,”ujar Herman Deru saat memberikan keterangan usai menghadiri acara Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kota Pangkalan Balai, Kabupaten Banyuasin.

Baca :   Ikut Tradisi Melebung, Herman Deru Ajak Warga Budidayakan Ikan

Namun, Herman Deru menyadari bahwa titik panas masih ada di beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Selatan.

“Sebagian kecil masih ada. Rata-rata titik panas masih berada di tempat yang berulang disekitar Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir,”sebutnya.

Terkait project Badan Restorasi Gambut (BRG) pertama di Indonesia untuk pembinaan di desa yang masyarakatnya peduli terhadap lahan gambut di Kabupaten Banyuasin, gubernur Sumatera Selatan tersebut mengatakan pentingnya lahan gambut terpelihara dan menjadi lahan yang produktif.

Baca :   Banyuasin Gelar Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2019 Tingkat Provinsi Sumatera Selatan

“Ya, bagaimana gambut terpelihara tapi menjadi lahan yang produktif namun tidak kita ganggu alamnya, Banyuasin contohnya,”ujar Herman Deru.

Disisi lain, Bupati Kabupaten Banyuasin Askolani menjelaskan ada tiga hal yang wajib diperlukan terkait lahan gambut yang ada di Kabupaten Banyuasin.

“Kabupaten Banyuasin baru saja kedatangan deputi, sebagai project pertama. Ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk lahan gambut itu yang terutama lingkungan tetap terjaga, bisa menambah kesejahteraan masyarakan dan yang terakhir menambah pendapatan asli desa,”ujar Askolani.

Penulis : | Editor : A. Fajar | Sumber : Reportase.net
Hashtags :
Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

News Feed